Thursday 13 December 2012

Kiat Berbakti Kepada Orang Tua

Posted by Unknown at 05:34

Begitu besar pengorbanan orangtua terhadap anak  anaknya hingga rela mengorbankan nyawa demi anak tercinta. Laksana utang yang tak dapat terbayar, bagaimana anak mampu membalasnya?
Berikut beberapa kiat berbakti pada orang tua :
1 . Menjaga lisan, bertutur kata yang mulia. Seorang anak hendaknya berlaku baik, lembut, sopan, dan tidak berbicara dengan suara keras kepada orangtua. Berhenti menyakiti hati orangtua hingga tidak ada luka tertoreh di hatinya.
2 .Mandiri. Tidak lagi membebani orangtua dengan harapannya yang belum tercapai. Membuktikan bahwa kita sudah dapat berpijak di atas kaki sendiri, merupakan salah satu hal yang membuatnya tenang.
3.Komunikasi. Terlihat sepele tapi sangat berarti. Orangtua, terutama yang telah lanjut usia sangat membutuhkan komunikasi yang baik dengan keluarganya.
4.Bersabar. Daya pikir dan daya ingat yang menurun membuat orangtua kerap mengulang pertanyaan. Bicaralah dengan halus dan sabar jika menghadapi tipe orangtua seperti ini.
5. Wujudkan keinginannya. Orangtua akan merasa terbebani jika anaknya yang sudah dewasa belum menikah, terlebih lagi masih bergantung pada orangtua. Penuhi keinginan orangtua saat kita masih memiliki waktu bersamanya.
6. Interaksi intensif. Pada umumnya orangtua lansia tidak membutuhkan materi berlebih, melainkan perhatian dan perawatan kesehatannya. Untuk membantu daya fungsi fisik dan psikologisnya dibutuhkan interaksi yang intensif antara orangtua-anak. Misal, mengajaknya jalan¬jalan sambil berbagi cerita atau mengantarnya berkumpul dengan teman seusianya.
7.Memuliakan. Kita wajib memuliakan orangtua karena kewajiban berbakti akan tetap ada sampai akhir usia kita.
8. Patuhi. Patuh terhadap orangtua adalah pintu menuju keberkahan. Perlu diingat, ridha Allah swt adalah ridha orangtua. Langan sampai kita terjerumus dosa akibat keputusan yang tidak diridhai orangtua.

0 comments:

Post a Comment

 

Spreading Love Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos