Friday, 14 December 2012

Struktur dan Fungsi Organel Sel Tumbuhan dan Hewan

Posted by Naila Syaibah at 01:12 0 comments

1.    Struktur Fungsi Nukleus (Inti Sel)
Inti sel merupakan bagian yang penting dari sel. Inti sel terdiri atas beberapa bagian, yaitu membran, kromatin, anak inti (nukleolus), dan cairan inti (nuclear sap) . Cairan inti merupakan cairan yang di dalamnya terdapat nukleolus dan kromatin. Kromatin mengandung materi genetik berupa DNA serta protein. Ketika sel membelah, kromosom dapat terlihat sebagai bentuk tebal dan memanjang.Kromosom adalah cetak-biru (blue print) sel. Kromosom mengatur kapan dan bagaimana sel membelah diri, menghasilkan protein-protein tertentu, serta berdiferensiasi.

2.    Struktur Fungsi Retikulum Endoplasma

 Retikulum endoplasma, sering disingkat RE merupakan sebuah sistem membran yang berlipat-lipat. Dilihat secara tiga dimensi, sistem membran pada retikulum endoplasma bersatu dengan membran sel dan membran inti. Retikulum endoplasma ada yang tampak kasar (RE kasar) dan ada pula yang tampak halus (RE halus). Pada permukaan membran RE kasar terdapat ribosom yang menempel. Ribosom yang menempel membuat RE terlihat kasar . RE kasar berperan dalam pembentukan membran dan protein. Adapun RE halus berperan dalam pembentukan lemak, menetralisir racun, dan penyimpanan kalsium yang berguna pada kontraksi sel otot.
 

3.    Struktur Fungsi Ribosom.

Pada permukaan dalam membran retikulum endoplasma sel eukariotik tersebar organel-organel. Salah satu organel tersebut adalah ribosom. Ribosom berperan penting dalam proses pembentukan protein. Pada sel yang aktif, terdapat ribosom dalam yang banyak. Selain di RE, ribosom banyak terdapat juga di anak inti (nukleolus). 

4.    Struktur Fungsi Badan Golgi

Badan Golgi disebut juga aparatus Golgi. Badan Golgi berbentuk seperti kantung yang pipih, dibatasi oleh membran. Beberapa badan Golgi sering terlihat berdekatan dan membentuk kantung-kantung yang bertumpuk. Badan Golgi diduga sebagai salah satu bentuk dari sistem membran pada RE. Badan Golgi kadang terlihat berada berdekatan dengan RE. Fungsi badan Golgi terutama dalam pengolahan protein yang baru disintesis. Badan Golgi memotong protein berukuran besar yang dihasilkan ribosom menjadi protein-protein berukuran kecil seperti hormon dan neurotransmiter (bahan penerus informasi pada sistem saraf). Badan Golgi juga berfungsi menambahkan molekul glukosa ketika proses sintesis glikoprotein. Pada sel-sel kelenjar, jumlah badan Golgi lebih melimpah dibandingkan sel-sel lain. Hal ini berhubungan dengan pembentukan sekresi mukus berupa mukopolisakarida yang melibatkan badan Golgi.

5.    Struktur Fungsi Mitokondria

Mitokondria adalah organel berbentuk lonjong yang berada di sitoplasma. Mitokondria memiliki dua lapis membran yang terpisah dengan membran inti, membran sel, dan RE. Membran bagian dalam membentuk lipatan-lipatan. Struktur ini disebut krista . Pada krista, terdapat berbagai enzim yang berperan dalam respirasi aerobik. Mitokondria berperan dalam proses respirasi aerobik. Banyaknya jumlah mitokondria dalam sel, bergantung pada seberapa aktif sel-sel tersebut. Misalnya, pada sel otot, memiliki mitokondria lebih banyak dibandingkan sel yang pasif. Semakin banyak mitokondria, semakin tinggi frekuensi proses respirasi.
Organel-organel yang telah diuraikan sebelumnya adalah organelorganel yang dimiliki oleh sel hewan dan sel tumbuhan. Beberapa organel berikutnya, hanya ditemukan pada sel hewan atau sel tumbuhan saja.

6.    Struktur Fungsi Lisosom

Lisosom adalah organel yang hanya ditemukan pada sel-sel hewan. Lisosom berbentuk kantung yang dibatasi oleh membran. Di dalam lisosom terdapat enzim yang berperan dalam dekomposisi atau penguraian sebagian besar sel. Lisosom digunakan oleh sel untuk mencerna molekul-molekul besar. Pada makhluk hidup satu sel, seperti Amoeba, vakuola makanan bersama lisosom bersatu. Kemudian, enzim yang terdapat dalam lisosom mencerna makanan tersebut. Pada saat sel mati, membran yang menutupi kantung lisosom akan terdegradasi sehingga enzimnya akan keluar dan menguraikan bagian-bagian sel. Oleh karena itu, lisosom juga sering disebut sebagai “kantung bunuh diri” (suicide pack).

7.    Struktur Fungsi Sentriol

 Sentriol terdapat pada sel hewan dan jamur. Sel-sel tumbuhan tinggi tidak memiliki sentriol. Sentriol adalah dua buah organel yang berperan dalam pembelahan sel. Setiap sentriol terdiri atas sembilan triplet mikrotubulus yang susunannya membentuk cincin .
Mikrotubulus merupakan serabut berbentuk silindris yang berperan dalam pembelahan sel, pergerakan kromosom, dan pergerakan organel. Sentriol mulai terlihat pada tahap profase (salah satu tahap pada pembelahan sel). Sentriol bergerak ke arah kutub-kutub yang berlawanan, kemudian dua anak sel akan terbentuk.

8.    Struktur Fungsi Plastida

 Salah satu organel yang khas pada tumbuhan adalah plastida. Plastida merupakan organel menyerupai kantung yang dibatasi oleh dua lapis membran. Plastida terdapat beberapa macam, yaitu kloroplas, kromoplas, dan leukoplas. Ketiganya dibedakan berdasarkan pigmen yang dikandungnya. Kloroplas memiliki pigmen-pigmen fotosintesis, di antaranya klorofil (zat hijau daun) dan karotenoid (zat warna kuning atau oranye). Pigmenpigmen tersebut berperan penting dalam proses fotosintesis, yaitu sebagai penangkap gelombang cahaya.
Klorofil beserta enzim-enzim yang berperan dalam reaksi terang (satu dari dua reaksi pada fotosintesis) berada di dalam struktur membran yang disebut grana (tunggal: granum). Granum terbentuk dari tilakoid, yang merupakan kantung-kantung pipih yang bertumpuk. Sementara itu, stroma adalah matriks cairan di bagian luar sistem membran grana. Pada stroma terdapat enzim-enzim yang berperan dalam reaksi gelap pada fotosintesis. Masih ingatkah Anda tentang proses fotosintesis
Kromoplas merupakan plastida yang mengandung pigmen warna selain hijau. Biasanya kromoplas berwarna kuning, merah, oranye, atau cokelat. Sejauh ini, belum ditemukan fungsi yang pasti dari kromoplas, terutama pada tanaman tinggi. Diperkirakan, kromoplas yang banyak terdapat di bunga dapat menarik serangga untuk mendatangi bunga dan menyerbukinya. Sementara itu pada tumbuhan rendah, seperti alga, pigmen pada kromoplas berfungsi sebagai pigmen fotosintetik. Leukoplas merupakan plastida yang tidak memiliki zat warna. Berbeda dengan dua tipe plastida yang lain, leukoplas tidak menyimpan pigmen, tetapi menyimpan bahan-bahan makanan cadangan. Umumnya, berupa pati (karbohidrat) atau minyak. Leukoplas banyak terdapat di bagian tumbuhan yang tidak terkena cahaya, seperti akar dan umbi.
9. Struktur Fungsi Vakuola

 Vakuola merupakan organel yang terdapat di tumbuhan. Vakuola berisi air yang terlarut di dalamnya berbagai mineral, gula, asam-asam organik dan bahan-bahan lain. Sel-sel muda memiliki beberapa vakuola yang berukuran kecil. Namun, pada sel dewasa satu vakuola yang berukuran besar terkadang mendominasi sel. Pada umumnya, sel-sel hewan tidak memiliki vakuola. Akan tetapi, protozoa dapat membentuk vakuola makanan, tempat makanan diperoleh dan dicerna. Sisa makanan ditampung dalam vakuola kontraktil untuk dibuang .
10. Struktur Fungsi Dinding Sel

Salah satu struktur lagi yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan adalah dinding sel. Dinding sel berada di bagian luar membran sel. Ketika sel menyerap air, dinding sel berfungsi mencegah sel menggembung melewati batas maksimum. Dinding sel biasanya terbuat dari selulosa. Tidak seperti membran sel, dinding sel memiliki pori yang dapat melewatkan hampir berbagai jenis zat. Pada beberapa jenis tumbuhan dewasa, selnya membentuk dinding sekunder.

 



Contoh Proposal Kegiatan

Posted by Naila Syaibah at 00:50 0 comments

PROPOSAL KEGIATAN
DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI BULAN BAHASA
TAHUN 2012
 

A.     LATAR BELAKANG
       Setiap tanggal 25 Oktober, kita memperingati Hari Bulan Bahasa. Peringatan ini hendaknya diisi dengan berbagai kegiatan yang menunjukkan rasa cinta dan kecakapan kita dalam berbahasa, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa internasional.

B.     BENTUK KEGIATAN
       Kegiatan yang akan dilakukan guna mengisi peringatan Hari Bulan Bahasa pada tahun 2012 yaitu  lomba membaca puisi, lomba berbalas pantun, lomba pidato, dan lomba menulis surat dalam Bahasa Indonesia yang akan diikuti oleh pelajar SD, SMP, dan SMA yang ada di kota Padang.

C.     TUJUAN KEGIATAN
       Pelaksanaan berbagai macam lomba dalam memperingati Hari Bulan Bahasa pada tahun ini bertujuan untuk melahirkan generasi muda yang kreatif dan terampil dalam berbahasa serta meningkatkan rasa cinta terhadap bahasa nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia, yakni Bahasa Indonesia.

D.    WAKTU DAN PELAKSANAAN KEGIATAN
            Kegiatan ini dilakukan dari tanggal 25 Oktober sampai dengan 29 Oktober 2012 bertempat di  SMAN 10 Padang.
·         Pembukaan acara pada tanggal 25 Oktober di lapangan SMAN 10 Padang pada pukul 08.00 – 10.00 WIB .
·         Lomba membaca puisi, dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober di ruang kelas XII IPA 1 pada pukul 10.30 – 15.00 WIB .
·         Lomba berbalas pantun, dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober di ruang kelas XI IPA 8 pada pukul 09.00 – 14.00 WIB.
·         Lomba menulis surat , dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober di ruang kelas XI IPS pada pukul 09.00 – 15.00 WIB
·         Final semua lomba dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober. Final lomba membaca puisi di ruang kelas X 1, final lomba berbalas pantun di ruang kelas X 2,final lomba menulis surat di ruang kelas X 3.
·         Para pemenang diumumkan pada tanggal 29 Oktober pada saat penutupan acara.

E.     PELAKSANA KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Bulan Bahasa ini diserahkan kepada pengurus osis dengan susunan panitia sebagai berikut :

·         Pembina  Osis                 :  Darwis , S.Sos
·         Ketua panitia                  :  Abu Saad S   
·         Sekertaris                       :  A. Tenri Khaerunnisa
·         Bendahara                      :  Rita Rianti Mansur

Seksi – Seksi Acara :
            1.Koordinator umum :    
·            A. Sri Novita 
·            Aulia M
·            Deby R  
·            Albar
·            A. Rizki
·            A. Bau
2. Lomba Membaca Puisi dan Menulis Surat :
·       NIdhiya
·       Risma
3. Lomba Berbalas Pantun :
·       Ratih H.
·       Nasrul H
4. Konsumsi :
·         Esi
·         Sriwahyuni B
5.Perlengkapan ( alat – alat yang digunakan ) :
·         Fauzan
·         Jusriandi
·         Zulhidayat


F.      PENDANAAN KEGIATAN
1.    Rencana Pengeluaran
·   Rincian dana hadiah untuk semua cabang lomba tingkat SD, SMP, dan SMA
Juara 1 @ Rp1000.000,00
Juara 2 @Rp750.000,00
Juara 3 @Rp500.000,00
       Maka total dana hadiah untuk semua cabang lomba pada setiap tingkat yaitu   Rp20.250.000,00.
·   Rincian dana alat – alat perlengkapan
Spanduk           = Rp150.000,00
Sound system   = Rp1.000.000,00
Total                 = Rp1.150.000,00
·   Rincian dana konsumsi
Air minum sebanyak 50 dos     = Rp 500.000,00
Snack (kue)                               = Rp 500.000,00
Total                                         = Rp 1.000.000,00
      Jumlah keseluruhan dari anggaran pengeluaran peringatan Hari Bulan Bahasa yaitu   Rp 22.400.000,00.


2.    Rencana Pemasukan
·         Dana OSIS                               = Rp 2.000.000,00
·         Telkomsel cabang Padang        = Rp 10.000.000,00
·         Dana Komite                            = Rp 10.000.000,00
Total                                         = Rp 22.000.000,00

3.    Rekapitulasi Anggaran
·   Rencana Pengeluaran                  = Rp 22.400.000,00
·   Rencana Pemasukan                   = Rp 22.000.000,00
·  Saldo                                            = 0
G.    PENUTUP
          Demikian Proposal yang kami buat sebagai bahan acuan dan kerangka dasar demi terlaksananya kegiatan yang dimaksud , sekaligus menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu/Saudara ( i ) untuk berpartisipasi dalam kegiataan ini . Atas perhatian dan bantuannya kami hanturkan terima kasih .


                                                                                                                 Padang, 20 Juli 2012
                                                                                                                               
       Sekretaris                                                                                                      Ketua
 


     Fitri Maulani                                                                                              Naila Syaibah

Mengetahui
Pembina OSIS
 


Darwis , S.Sos

Analisis Puisi DOA - Karya Chairil Anwar

Posted by Naila Syaibah at 00:35 0 comments

Doa

Tuhanku
Dalam termenung
Aku masih menyebut nama-Mu

Biar susah sungguh

Mengingat Kau penuh seluruh

Caya-Mu panas suci

Tinggal kerlip lilin di kelam sunyi

Tuhanku

Aku hilang bentuk
Remuk

Tuhanku

Aku mengembara di negeri asing

Tuhanku

Di Pintu-Mu aku mengetuk
Aku tidak bisa berpaling




a) Tema
Puisi ' Doa´ karya Chairil Anwar di atas mengungkapkan tema tentang ketuhanan.
     Hal ini dapat kita rasakan dari beberapa bukti.
Pertama, diksi yang digunakan sangat kentaldengan kata-kata bernaka ketuhanan. Kata `dua´ yang digunakan sebagai judul menggambarkan sebuah permohonan atau komunikasi seorang penyair dengan SangPencipta. 
Kata-kata lain yang mendukung tema adalah:
Tuhanku, nama-Mu, mengingat Kau,caya-Mu, di pintu-Mu.
 Kedua, dari segi isi puisi tersebut menggambarkan sebuah renungandirinya yang menyadari tidak bisa terlepas dari Tuhan.
Dari cara penyair memaparkan isi hatinya, puisi´Doa´sangat tepat bila digolongkan padaaliran ekspresionisme, yaitu sebuah aliran yang menekankan segenap perasaan atau jiwanya.

Perhatikan kutipan larik berikut :
(1) Biar rusah sungguhMengingat Kau penuh seluruh
(2) Aku hilang bentuk remuk
(3) Di Pintu-Mu aku mengetuk
Aku tidak bisa berpaling
Puisi yang bertemakan ketuhanan ini memang mengungkapkan dialog dirinya denganTuhan.
Kata `Tuhan´ yang disebutkan beberapa kali memperkuat bukti tersebut, seolah-olah penyair sedang berbicara dengan Tuhan.

b) Nada dan Suasana
Nama berarti sikap penyair terhadap pokok persoalan (feeling) atau sikap penyair terhadap pembaca. Sedangkan suasana berarti keadaan perasaan pembaca sebagai akibatpembacaan puisi.
Nada yang berhubungan dengan tema ketuhanan menggambarkan betapa dekatnyahubungan penyair dengan Tuhannya. Berhubungan dengan pembaca, maka puisi `Doa´tersebut bernada sebuah ajakan agar pembaca menyadari bahwa hidup ini tidak bisa berpaling dari ketentuan Tuhan. Karena itu, dekatkanlah diri kita dengan Tuhan.
Hayatilah makna hidup ini sebagai sebuah pengembaraan di negeri `asing´.

c) Perasaan
Perasaan berhubungan dengan suasana hati penyair. Dalam puisi ´Doa´ gambaranperasaan penyair adalah perasaan terharu dan rindu. Perasaan tersebut tergambar dari diksiyang digunakan antara lain: termenung, menyebut nama-Mu, Aku hilang bentuk, remuk, Akutak bisa berpaling.

d) Amanat
Sesuai dengan tema yang diangkatnya, puisi ´Doa´ ini berisi amanat kepada pembacaagar menghayati hidup dan selalu merasa dekat dengan Tuhan. Agar bisa melakukan amanattersebut, pembaca bisa merenung (termenung) seperti yang dicontohkan penyair. Penyair juga mengingatkan pada hakikatnya hidup kita hanyalah sebuah ´pengembaraan di negeriasing´ yang suatu saat akan kembali juga. Hal ini dipertegas penyair pada bait terakhir sebagai berikut:
Tuhanku,
Di Pintu-Mu Aku mengetuk
Aku tidak bisa berpaling




Thursday, 13 December 2012

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Posted by Naila Syaibah at 21:21 2 comments

Di era globalisasi ini, kita tidak bisa maju dengan hanya mengandalkan kemampuan dalam satu bahasa saja. Kita dituntut untuk mampu berbahasa lebih dari satu bahasa. Kita dituntut untuk mampu berkomunikasi dalam bahasa internasional juga, selain dalam berbahasa Indonesia. Contoh dari bahasa tersebut adalah bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan bahasa internasional lainnya. 


Berikut ini adalah tips agar kita bisa memahami bahasa internasional dengan mudah : 
  1. Ikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh
    Bagi Anda seorang pelajar atau mahasiswa biasanya didalam mata pelajaran ada salah satu bahasa asing entah inggris, mandarin, atau bahasa lainnya. Nah disinilah kesempatan Anda untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan menperhatikan guru Anda saat menerangkan, karena biasanya dengan Anda belajar dasasrnya saja, maka Anda akan mengerti dalam berbahasa  asing.

  2. Mempraktekkan kemampuan berbahasa
    Jika Anda sudah menguasai atau setidaknya Anda sudah memahami dasar-dasarnya, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mempraktekkan kemampuan berbahasa Anda dengan orang terdekat Anda untuk mengasah kemampuan Anda dalam berbicara.

  3. Menonton film bahasa asing
    Nah biasakan Anda menonton film bahasa asing, biasanya film asing disertakan teks bahasanya masing-masing. Nah disitulah Anda mencoba untuk mentranslate bahasa tersebut ke bahasa Indonesia. Hal ini untuk meningkatkan daya ingat Anda.

  4. Membiasakan diri menulis kata-kata dalam bahasa asing secara baik dan benar
    Carilah teman dari negara asing untuk melakukan conversation atau percakapan dengan orang asing tersebut. Dengan Anda melakukan percakapan dengan orang asing, maka Anda tertantang untuk memberikan yang terbaik. Jika orang asing tersebut mengerti dengan chat Anda, berarti Anda sduah berhasil menguasai bahasa asing tersebut.
Dengan terbiasa menggunakan kosakata asing dalam kehidupan Anda sehari-hari. Karena dengan Anda bisa menguasai bahasa asing terutama bahasa Internasional yaitu Inggris dan Mandarin, maka karir Anda akan mudah meningkat. Lakukan dan belajarlah bahasa asing dari sekarang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! :)
 

Spreading Love Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos